Thursday, August 18, 2016

Tips Pertama Kali Bertemu Calon Mertua

Sudah punya pasangan dan ingin melanjutkan pada hubungan yang lebih serius? Hmm.. mau tidak mau anda harus bertemu dengan calon mertua dan mengutarakan keinginan untuk menjadikan anaknya sebagai calon pendamping hidup anda. bagi anda yang sudah menikah mungkin tips ini terasa basi, jadi tidak apa-apa jika tidak mau melanjutkan untuk membaca. Nah, bagi yang sudah siap untuk menikah mungkin tips ini bisa sedikit membantu. Khususnya bagi anda yang mempunyai calon mertua yang over protected pada anaknya. Pasti pertama kali bertemu calon mertua, anda akan diinterogasi habis-habisan layaknya terdakwa dipengadilan hehehe…  Wajar saja, mungkin karena sangat menyayangi anaknya sehingga tidak mau anaknya salah memilih pasangan hidup.  Jika demikian, maka anda butuh tips untuk mendekati calon mertua.

 # Berpakaian rapi dan sopan

Tidak ada salahnya berpenampilan sedikit konservatif saat pertama kali bertemu calon mertua walaupun anda tidak biasa. Simpan dulu celana jeans yang penuh sobekan dan kaos oblong belel kesayangan anda juga rantai alay yang mengikat dompet haha… Untuk wanita juga harus tampil sopan dan rapi. Kaos ketat, rok mini, tank top dan sepatu high heels ditinggalkan dulu, nanti bisa dipakai lagi saat mondar mandir di cat walk :D. tidak semua calon mertua suka dengan penampilan seperti tadi, kesan pertama anda akan kurang baik jika berpenampilan seperti itu saat pertama kali bertemu atau bahkan anda akan masuk blacklist calon mertua, bisa gawat tuh. Penampilan yang rapi, sopan, pantas dan tidak terkesan mewah cocok untuk memberikan kesan baik saat pertama bertemu calon mertua.

# Cari tahu karakter

Sebelum bertemu calon mertua, alangkah baiknya jika anda telah mendapatkan informasi yang cukup dari pacar atau kekasih anda. apa yang paling disukai dan tidak disukai oleh calon mertua anda. bisa jadi calon mertua tidak suka dengan rokok, karena anda tidak mencari tahu sebelumnya, malah merokok dirumahnya. Tanya juga pada pasangan anda tentang topik pembicaraan apa yang disukai orangtuanya, sapaan apa yang tepat untuk mereka, apakah Om/Tante, Bapak/Ibu atau apa? Ingat pepatah lama, malu bertanya gagal didepan calon mertua ^_^

# Bersikap sopan

Tunjukkan bahwa anda pantas menjadi pasangan dari anak calon mertua anda dengan bersikap sopan. Sebenarnya bersikap sopan ini bukan hanya didepan caln mertua, tapi harus dibiasakan dan dijadikan kebiasaan yang baik. Duduk yang baik, tidak terkesan angkuh, tidak terlalu kaku tapi juga tidak terlalu santai juga akan membekas dihati calon mertua. Tidak baik juga jika mata anda jelalatan keseluruh ruangan , menghentak hentakkan kaki, rakus saat ada makanan, bolak balik melihat jam tangan atau yang lainnya. Jika calon mertua berasal dari daerah atau suku yang berbeda, hormati dan cari tahu adab kesopanan yang ada dalam adat dan kebiasaan mereka. Karena dalam beberapa hal biasanya ada perbedaan, terutama tentang tatacara bertamu dan atau berkunjung.

# Teman ngobrol yang baik

Berbicaralah dengan santun dan tata bahasa yang baik. Jangan memakai bahasa alay juga ya, mungkin calon mertua kamu tidak terlalu suka ^_^. Hindari bahasa tubuh yang memberikan kesan kurang span, perhatikan apa yang mereka ucapkan, beri anggukan disaat yang tepat. Pilih kata-kata yang tepat untuk orang tua, jangan disamakan dengan bahasa teman akrab anda, seperti “Ya” dan “Ho’oh”. Anda pasti sudah tahu mana yang tepat, ucapkan terima kasih saat mereka menyuruh anda minum, jangan bersendawa apalagi kentut, hehehe…. Hindari topik pembicaraan yang terkesan kontroversi seperti politik atau paham-paham aliran tertentu, kecuali jika mereka yang ingin membicarakannya, jangan bercanda yang berlebihan apalagi menjurus pada pornografi. Jangan mencela orang lain dalam obrolan baik langsung ataupun tidak, jangan sok tahu dan sok pintar juga kata-kata yang terkesan menggurui. Hati-hati dengan kritikan, tidak semua orang tua menerima kritikan, jika harus, sampaikan dengan sopan dan halus sehingga tidak menyinggung perasaan mereka. Jika yang dibicarakan adalah tentang pasangan anda, tunjukkan jika anda sangat perhatian dengan semua masalah pasangan, berikan pujian yang wajar dan tidak berlebihan.

# Membawa bingkisan

Tampaknya sudah menjadi tradisi ditengah tengah kita jika berkunjung kerumah calon mertua selalu membawa suatu bingkisan, baik berupa makanan, souvenir ataupun yang lainnya. Tanya pasangan anda tentang kesukaan orang tuanya. Sebenarnya tidak perlu mahal ataupun mewah, jika anda bisa membawakan sesuatu buatan anda sendiri itu lebih bagus dan memberikan kesan yang lebih baik dimata calon mertua. Jangan sampai calon mertua yang mengidap diabetes anda bawakan kue manis atau martabak, wah mau membunuh pelan-pelan kalau seperti ini ^_^

# Natural dan tidak berpura pura

5 tips ini sebenarnya bukan meminta anda menjadi orang lain saat didepan calon mertua. Namun hal itu secara tidak langsung dapat menjadi pembelajaran untuk bersikap baik dan dibiasakan bukan hanya saat pertama bertemu calon mertua, tapi seterusnya dan juga diterapkan pada orang lain yang lebih tua dari kita. Pada dasarnya jadilah diri sendiri dengan “dosis” yang tepat sesuai situasi dan kondisi.

Demikian tips pertama kali bertemu calon mertua. Semoga sekarang anda sudah tahu bagaimana cara menghadapi calon mertua, meskipun sangat singkat. Jika diantara pembaca mempunyai tips tambahan atau share pengalaman, silahkan berkomentar dibawah untuk menyempurnakan tulisan ini. klik disini

No comments:

Post a Comment