Tuesday, August 9, 2016

PERBEDAAN HOSTING DAN DOMAIN

Berjumpa kembali bersama saya dan tak bosan-bosan saya menyampaikan informasi yang saya ketahui melalui blog saya ini dengan keinginan untuk mendapatkan visitor atau pengunjung blog saya bertambah pesat. Oke, kali ini saya akan membagi pengetahuan mengenai perbedaan antara hosting dan domain. Langsung saja simak kebawah gengs hehehe

Hosting dan domain adalah objek yang berbeda, walaupun bisa menjadi satu kesatuan. Dalam artikel ini akan dijelaskan perbedaannya. check this out

-) Hosting
                Hosting merupakan tempat penyimpanan data atau file komputer. Hosting memiliki bentuk fisik yang bisa disebut dengan server. Server itu sendiri sama seperti computer biasa, memiliki hard disk, RAM, prosesor, dll. Hanya bentuknya disesuaikan dengan kebutuhan agar bisa disimpan dirack server.
                Server hosting ini disimpan didata center yang dilengkapi dengan listrik dan backup listrik berupa UPS. Server hosting terkoneksi dengan jaringan internet berkecepatan tinggi agar bisa diakses secara bersamaan secara simultan dari seluruh dunia.
                Jika hosting diperuntukan untuk website, maka biasanya disebut dengan web hosting. Server untuk web hosting dilengkapi dengan OS dan software yang bisa menjalankan aplikasi web, dan mampu beroperasi secara terus menerus. Saat anda membeli / menyewa hosting, yang anda sewa adalah jasa penyimpanan data saja, saat mengakses harus mengggunakan alamat IP address.

-) Domain
                Domain
adalah nama yang ketentuannya diatur oleh badan regulasi domain dunia. Nama domain ini yang akan mengarahkan kealamat IP server hosting. Sehingga saat anda mengetikan nama domain, yang anda akses adalah server IP yang dituju. Pada saat anda  membeli domain pada dasarnya anda hanya menyewa nama saja, dengan domain saja anda tidak bisa menyimpan data web atau aplikasi web lainnya sehingga saat anda membeli domain tanpa hosting saat domain diakses tidak akan menampilkan apapun.
Kesimpulannya, hosting merupakan tempat penyimpanan data, sedangkan nama domain adalah nama atau alamat saja, agar mudah diingat. Jadi, agar web anda bisa diakses, anda harus melakukan pembelian hosting dan domain sekaligus. Keduanya bisa dibeli terpisah, missal anda membeli hosting di toko satu, dan membeli domain ditempat lain. Atau sebaliknya. Atau anda bisa membeli keduanya di toko satu.
Sekian artikel ini yang saya ketik dan saya share kepada anda lewat blog saya, terus update blog saya karena akan ada artikel-artikel penting yang berguna untuk anda. Terima kasih yang telah membaca


Visit : airlanggaperbangsa21.blogspot.com

No comments:

Post a Comment