Tuesday, August 9, 2016

CARA MERAWAT LAPTOP AGAR AWET DAN TIDAK MUDAH RUSAK

Selamat malam, berjumpa lagi dengan saya Airlangga Perbangsa, seorang blogger pemula yang mempunyai blog airlanggaperbangsa21.blogspot.com

Kali ini saya akan membuat artikel dan menginformasikan kepada anda mengenai gadget dengan judul cara merawat laptop agar awet dan tidak mudah rusak. Cek this out bro

-) Jangan menggunakan laptop dalam situasi diatas kasur
                Ini dia kebiasaan yang tanpa diakui bisa bikin laptop cepat rusak, upayakan semaksimal mungkin agar tidak menggunakan laptop saat diatas kasur, mengapa? Lantaran kasur atau bahan lembut serta empuk yang lain berbentuk untuk menyerap panas, bukan membuang udara panas. Sedangkan ketika laptop menyala, laptop selalu mengeluarkan udara panas, sehingga panas itu bakal diserap oleh kasur yang diatasnya laptop. Hal semacam ini tentu bisa membuat laptop anda menjadi mudah rusak.

-) Jangan menyimpan benda diatas laptop terlebih benda itu sangatlah berat
                Saat laptop terhimpit dengan benda yang sangat berat, meskipun laptop itu masih dalam keadaan tertutup, namun hal itu bisa membuat LCD laptop rusak. Sinyal tanda rusaknya LCDndari timbulnya garis-garis seperti pada TV, apabila LCD telah rusak kronis dan bakal mati keseluruhan.

-) Menempatkan baterai saat laptop dioperasikan
                Saat menggunakan produk laptop di tahun 2005 kebawah benar-benar sangat beresiko saat mengoperasikan laptop dalam situasi mencharge (mengecas), hingga bisa membuat baterai menggembung. Namun produk laptop keluaran sekarang ini telah aman untuk mengoperasikan laptop walau dalam situasi mengcharge, baterai laptop tidak akan menggembung. Jauhi penggunaan laptop tanpa menggunakan baterai (dicabut) waktu mencharge. Karena jika mendadak listrik dirumah anda padam, laptop itu akan mati dan menyebabkan komponen laptop anda menjadi jelek. Jadi, terus gunakan baterai laptop anda (tidak dicopot) yang nantinya akan berperan sebagai penahan daya apabila listrik mendadak padam.

-) Bersihkan debu yang ada dilaptop
                Ini yang butuh dilatih, membiasakan untuk membersihkan debu yang ada dilaptop. Meskipun ini adalah hal yang simple, namun membiasakan diri untuk membersihkan debu yang ada pada laptop bisa membuat laptop makin awet, karena bila debu yang ada pada laptop selalu menumpuk dibagian saluran pembuangan hawa bisa mengakibatkan rusaknya laptop. Oleh karena itu, rajinlah membersihkan laptop secara berkala.

-) Jangan meletakkan benda cair didekat laptop
                Seluruh barang elektronik memanglah bakal cepat rusak apabila terserang benda cair. Termasuk juga laptop jika terserang benda cair akan mudah rusak. Jadi, jauhkanlah laptop dari benda cair, kesalahan yang sering terjadi yaitu secangkir kopi yang diletakkan didekat laptop. Jika laptop terkena terkena benda cair, matikan laptop lalu lepas baterainya. Jika sudah kering cobalah hidupkan kembali laptopnya, semoga rusaknya tidak parah.

-) Jauhi mengoperasikan laptop diruang yang bersuhu panas
                Mengoperasikan laptop didalam suhu yang panas bisa mengakibatkan kerusakan komponen-komponen laptop. Apabila terus mau menggunakan laptop didalam suhu ruang yang panas, jadi pakailah kipas pendingin (cooling fan). Cooling fan berguna untuk menetralisir hawa panas yang keluar dari laptop.

-) Jauhi menggunakan laptop sampai baterai kosong hingga 0%
                Jika anda terus menerus menggunakan laptop hingga baterai kosong 0%, tentu hal semacam ini bakal memperpendek usia baterai. Jadi jika baterai laptop telah mendekati 0% segeralah untuk menchargernya saat sebelum baterai habis, charge baterai itu hingga penuh 100%. Sangat dianjurkan pemakai laptop lakukan setting laptop mati saat baterai kosong mendekati 0%, setting dibagian Power Options.

-) Jauhkan benda-benda magnet dari laptop
                Terlebih untuk magnet yang sangatlah kuat, dan jika memanglah benda itu adalah magnet  100%, seperti batu magnet. Benda keras yang yang mempunyai kemampuan magnet yang sangat kuat harus dijauhkan dari laptop.

-) Mengatur tingkat kecerahan monitor
                Pakai kecerahan monitor yang standar saja (sesuai dengan kebutuhan), hal semacam ini untuk meminimalisir pemakaian daya yang terlalu berlebih. Lantaran semakin terang layar monitor anda, makin banyak power baterai yang digunakan. Setting kecerahan monitor laptop ke posisi yang lebih redup (tidak berlebih), namun tentu dengan tingkat kecerahan yang nyaman jika melihat monitornya.

-) Nonaktifkan perangkat eksternal yang tak diperlukan
                                Nonaktifkan perangkat yang tak dibutuhkan, seperti USB flash drive ataupun perangkat eksternal yang lain, yang tidak dipakai. Termasuk WiFi serta seluruh perangkat keras yang lain bila tak diperlukan saat itu. Karena hal semacam ini akan menguras banyak baterai dari laptop. Jadi, nonaktifkanlah perangkat yang tidak diperlukan.

-) Saat mengoperasikan, upayakan alas laptop berupa permukaan yang datar
                Saat laptop dalam situasi menyala, salah satu komponen laptop yang berupa seperti piringan pada harddisk dalam keadaan berputar. Terlebih saat membuka aplikasi spesifik dalam laptop anda, piringan itu akan lebih kencang berputar. Apabila laptop dalam situasi posisi miring, piringan itu bisa tergores dengan komponen paling dekat dengan harddisk, jadi sanggatlah beresiko yang bisa membuat laptop anda mudah rusak.


Demikian artikel yang saya tulis pada kesempatan hari ini dengan judul cara merawat laptop agar awet dan tidak mudah rusak. Semoga bermanfaat, dan terus update informasi lainnya diblog saya : airlanggaperbangsa21.blogspot.com

No comments:

Post a Comment