Thursday, August 18, 2016

Content Marketing Sebagai Bagian Utama dari Strategi SEO

Dalam panduan ini anda akan berkenalan dengan bagian terpenting dalam setiap strategi SEO :
Pemasaran konten.
SEO dan konten marketing saat ini seperti dua sisi dalam sebuah koin.
Kalau dulu, kesalahan yang sering terjadi seorang content marketer tidak memperhatikan SEO. Demikian pula dengan seorang praktisi SEO, tidak memperhatikan konten.
Kedua pihak sama-sama menganggap percuma.
Akibatnya, proses pengembangan website tidak berjalan maksimal.
Strategi konten marketing yang tepat dan dibantu optimasi mesin pencari adalah kunci sukses dari website dan bisnis online anda.
Bahkan hamper semua bentuk pemasaran online yang mengandalkan SEO akan bergantung dengan konten. Setelah membaca panduan ini, anda – sebagai praktisi SEO – akan memiliki mindset seperti seorang content marketer…. Dan sebaliknya.

Apa itu Content Marketing?

Adalah usaha-usaha pemasaran yang dilakukan dengan cara menyediakan konten yang bermanfaat untuk orang lain dengan tujuan agar mereka mengenal bisnis/usaha anda.
Seorang content marketer membutuhkan pengetahuan SEO supaya kontennya bisa mendapatkan peringkat yang baik dimesin pencari… karena Google merupakan sumber traffic terbesar.

SEO Modern adalah Content Marketing + SEO

Sejak jaman dulu, orang-orang antusias dengan SEO selalu berusaha mencari celah-celah bagaimana websitenya bisa mendapatkan peringkat yang tinggi diGoogle.
Entah itu dengan mempermainkan keyword, backlink, maupun sosial signal. (kedua istilah terakhir dibahas dalam bab berikutnya)
Tetapi kunci dari SEO, untuk sekarang dan di masa depan, bisa kita bongkar dengan cara melihat apa yang sebenarnya semua pihak didalamnya inginkan.
Ada 3 pihak dalam SEO : pengguna, website, dan Google.
Pengguna ingin mendapatkan informasi terbaik secepat mungkin.
Untuk memuaskan pengguna, Google akan menempatkan informasi terbaik diposisi teratas.
Dengan demikian, maka untuk mendapatkan posisi teratas yang perlu anda lakukan adalah menyediakan informasi terbaik.
Karena itulah konten memegang peranan terpenting.
Konten yang baik = informasi yang berkualitas.
Untuk bisa menciptakan konten terbaik, maka seorang praktisi SEO harus belajar content marketing. Jadi, bisa disimpulkan bahwa dalam digital marketing posisi SEO dan Content Marketing saling berhubungan.

Lalu Apa yang Harus Dilakukan?

Dengan menyadari peranan terpenting konten dalam SEO, maka sudah pasti anda setelah ini akan focus ke pembuatan konten dan penerbitan konten.
Hati-hati ini bisa jadi kesalahan besar.
Tidak semua konten baik untuk SEO, kalau dibuat secara asal-asalan tidak akan menghasilkan apapun. Manusia tidak ingin membaca banyak konten yang tidak masuk akal, demikian pula dengan Google.
Karena itu perhatikan aturan main berikut :

1.       Selalu Utamakan Kualitas Konten

Tidak ada orang yang ingin membaca konten yang kualitasnya rendah, Google pun tidak akan mau menaruh konten yang kualitasnya rendah diposisi teratas. (kecuali tidak ada konten lain sama sekali).
Jadi jangan membuat konten yang kualitasnya rendah, semakin banyak konten yang rendah kualitasnya diwebsite anda maka semakin rendah kualitas website anda secara keseluruhan.

2.       Kuantitas Konten Tidak Terlalu Penting

Kuantitas hamper selalu berbanding terbalik dengan kualitas. Kecuali anda punya banyak penulis profesional.
Semakin sering anda menerbitkan konten, semakin sulit mempertahankan kualitas.
Konten memang penting.
…tapi jangan hanya membuat konten karena anda ingin punya konten.
Pastikan apa yang dibahas dalam konten anda tidak sama dengan milik website lain dan pastikan konten anda nilainya lebih tinggi.

3.       Google Meranking Halaman, Bukan Website.

Mereka tidak peduli apakah website anda punya 1000 halaman atau hanya 1, yang mendapatkan posisi terbaik hanya konten terbaik. Jumlah halaman tidak berpengaruh.
Selain itu, apabila anda punya banyak halaman yang mengincar keyword tertentu maka artinya anda juga akan bersaing dengan diri sendiri…tetapi umumnya Google hanya menampilkan 1 halaman dari 1 website.
Jadi, lebih baik membuat 1 konten dengan kualitas setinggi mungkin daripada membuat 2 konten berbeda dengan topik yang sama persis.

4.       Konten Berkualitas Saja Belum Cukup

Meskipun konten memgang peranan terbesar, tapi Google adalah robot.
Google bisa menentukan apakah artikel relevan dengan apa yang diinginkan tapi mereka tidak bisa langsung membaca artikel untuk menentukan kualitasnya.
Karena itu mereka membutuhkan faktor luar :
Kepuasan pembaca.
Dengan menyadari ini, maka yang harus anda lakukan setelah menerbitkan konten andalah memberitahukan keberadaan tersebut kepada orang lain.

5.       Penggunaan Keyword

Content marketer seringkali lupa dengan keyword. Padahal keyword memegang peranan penting dalam SEO.
Penggunaan kata kunci dalam artikel bisa merubah suatu konten menjadi pedang tumpul, pedang tajam, atau pedang bermata dua.
Bab selanjutnya akan membahas mengenai SEO off-page, topik ini membahas lebih lanjut lagi mengenai marketing dan hubungannya dengan SEO.



No comments:

Post a Comment