Saturday, August 13, 2016

Tips Mencegah Gigi Menjadi Kuning

Inilah 4 Cara Mencegah Gigi Agar Tidak Menjadi Kuning

Seperti yang kita tahu bahwa gigi yang kuning dapat mempengaruhi penampilan kita dan terkadang membuat kita tidak percaya diri. Untuk menjaga agar gigi tetap putih dan bersih, lakukan beberapa hal berikut ini :

1. Menyikat gigi dengan rutin

Malas menggosok gigi adalah salah satu faktor ekstrinsik penyebab gigi menjadi kuning. Jika anda ingin memiliki gigi yang sehat, putih dan berkilau maka rajin-rajinlah menggosok gigi minimal dua kali dalam sehari setelah makan terutama sebelum tidur.
Menggosok gigi tidak hanya membersihkan mulut dari bakteri dan sisa makanan, tetapi juga dapat membantu mengembalikan warna alami gigi. Saat ini banyak produk pasta gigi yang mengandung pemutih di pasaran, kita tinggal memilih mana pasta gigi yang cocok dan dapat kita gunakan setiap hari.
Selain itu pilihlah sikat gigi yang sesuai untuk gigi anda, usahakan untuk tidak memilih sikat gigi dengan bulu yang terlalu keras karena bisa melukai gusi.

2. Menggunakan sedotan

Siapa sangka sedotan bisa digunakan untuk mencegah gigi menjadi kuning dan melindungi gigi kita dari warna dan suhu minuman. Gunakan sedotan saat meminum kopi, teh atau minuman lain yang bisa berpengaruh pada warna gigi.
Hal ini bisa mencegah paparan langsung zat yang ada dalam minuman dengan enamel pada gigi. Zat warna yang ada dalam kopi dan teh bisa mengendap pada gigi dan lama kelamaan menimbulkan noda pada enamael gigi. Noda ini akan membuat gigi menjadi kuning jika terus dibiarkan.
Meminum kopi atau teh hangat dengan sedotan adalah hal yang aneh, tapi jika hal ini bisa membuat gigi kita tetap putih dan sehat mengapa tidak?

3. Meminum susu

Mengkonsumsi produk susu terutama susu plain atau susu steril tanpa tambahan rasa dan pewarna bisa membantu menjaga gigi tetap putih serta mencegah gigi menjadi kuning. Warna alami susu yang putih dan kalsium yang terkandung didalamnya tidak hanya membuat gigi kita menjadi kuat dan sehat namun membuatnya menjadi putih.
Zat warna dalam susu bisa menghilangkan noda yang menempel pada enamel gigi dan mengembalikan warna alami gigi. Pilihlah produk susu murni tanpa tambahan gula atau zat adiktif lainnya dan konsumsilah minimal dua kali dalam sehari.
Meminum susu hangat atau dingin memang nikmat tapi perlu diingat juga bahwa suhu minuman bisa mempengaruhi warna dan merusak lapisan enamel pada gigi. Maka dari itu, sebaiknya konsumsilah susu dalam keadaan tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin.

4. Hindari merokok dan mengkonsumsi alkohol

Rokok berasal dari tanaman tembakau yang mengandung nikotin. Zat nikotin dalam rokok bisa menempel pada lapisan enamel gigi dan lama kelamaan menimbulkan noda pada lapisan enamel. Noda yang menempel pada gigi akan terakumulasi dan menutupi warna alami gigi sehingga membuat warna gigi menjadi kuning.
Sama halnya dengan rokok, minuman berakohol seperti bir atau anggur bisa menyebabkan gigi menjadi kuning dan sulit untuk dihilangkan. Jika anda tidak ingin memiliki gigi kuning, maka sebaiknya hentikan kebiasaan merokok dan meminum alkohol mulai dari sekarang.
Selain itu, menghentikan kebiasaan merokok dan minum alkohol tidak hanya akan membuat gigi sehat tetapi juga menghindarkan anda dari berbagai macam penyakit termasuk kanker dan serangan jantung.

Anda pilih cara yang mana ?

Cobalah salah satu dari beberapa cara memutihkan gigi yang telah disebutkan diatas dan tunggu hasilnya selama beberapa minggu. Misalkan dalam beberapa minggu hasilnya kurang maksimal, anda bisa menggunakan cara lainnya.
Atau mungkin anda punya cara tersendiri untuk memutihkan gigi yang kuning? Tidak ada salahnya untuk membagikannya melalui kotak komentar dibawah ini. :D

No comments:

Post a Comment