Tuesday, August 9, 2016

CARA MERAWAT KOMPUTER AGAR TETAP AWET DAN TIDAK MUDAH RUSAK

Ada banyak cara merawat komputer agar awet dan tahan lama, tentunya setiap orang ingin komputernya tahan lama meski hamper dipakai 24 jam seperti saya ini. Kerusakan computer selain kualitas barang yang anda beli tapi juga dipengaruhi oleh bagaimana anda merawat computer anda.
Saya sendiri menerapkan 7 tips umum yang memang sering digunakan, tapi masih terbukti ampuh efeknya. Berikut ini adalah cara merawat komputer agar tidak mudah rusak :

-) Bersihkan CPU komputer
                Bila computer anda ingin terus awet, bersihkanlah computer dengan teratur optimal dalam periode 6 bulan sekali. Lantaran jika CPU anda tak bersih, kotoran debu dalam CPU bakal menumpuk serta bakal beresiko pada rusaknya temperature atas suhu pada computer anda. Langkahnya dengan buka casing PC lalu bersihkan debu yang ada dimotherboard peripheral yang lain. Pembersihan dapat menggunakan sikat halus (kuas cat). Kerjakan ini sepanjang 6 bulan sekali.

-) Jangan pakai internet saat hujan lebat
                Umumnya koneksi internet sangatlah punya pengaruh pada cuaca. Dikhawatirkan bila anda memakai internet pada computer anda sewaktu hujan, bisa menyebabkan jaringan computer anda bakal tersambar petir serta ini bakal beresiko pada computer anda nanti. Sudah pasti hal semacam ini sangatlah beresiko.

-) Aktifkan sistem restore computer
                Mengaktifkan sistem restore juga sangatlah berpengaruh pada computer anda agar tidak gampang rusak. Langkahnya dengan klik kanan pada icon my desktop computer, lalu klik properties Tab Sistem Restore, pilih tulisan Turn Off Sistem Restore On All Drives, lalu hilangkan sinyal centang pada samping kiri tulisan itu.

-) Matikan computer sesuai dengan ketentuan
                Janganlah pernah mematikan computer dengan cara yang tidak lumrah seperti mencabut kontrak listrik pada computer. Teraturlah mematikan computer dengan memakai shutdown. Pakai stavolit untuk hindari mati listrik mendadak. Atau bila anda terlampau lama memakai computer restart lah terlebih dahulu, agar seluruh sistem computer kembali normal. Umumnya jika terlalu lama memakai computer, sistem komputernya melemah.

-) Uninstall program yang tak terpakai
                umumnya ruangan harddisk yang terlampau banyak tersita bakal memperlambat  sistem read/write harddisk hingga beban kerjanya bakal lebih berat dan harddisk bisa cepat rusak.

-) Cermati ventilasi serta pendingin computer
                ventilasi yang kurang baik akan mengakibatkan panas yang terlalu berlebih hingga membuat komponen computer cepat panas. Oleh karena itu, upayakan jarak antara computer serta dinding minimum 40cm. anda bisa memasang AC diruangan serta memakai cooling fan ekstra didalam CPU.

-) Gunakan kabel ground
                Apabila casing computer saat disentuh ada aliran listrik, ambilah kabel dengan panjang sekedarnya. Ujung satu dikaitkan dengan tubuh CPU (pada casing) sedangkan ujung yang satu lagi ditanam didalam tanah. Hal semacam ini akan menetralisir arus listrik yang “nyasar” hingga membuat komponen computer anda lebih awet.
Sekian artikel yang saya jelaskan mengenai tata cara merawat computer agar tetap awet dan tidak mudah rusak. Update terus artikel-artikel yang baru dari saya di : airlanggaperbangsa21.blogspot.com

No comments:

Post a Comment